Post Ads (Documentation)

Tags

Full-Width Version (true/false)

Flickr

Slider

5/random/slider

Blog Archive

Categories

Advertisement

Main Ad

Tags

Author Info (Documentation)

Popular Posts

Pages

Recent Posts

3/recent/post-list

Recent in Recipes

3/Food/post-list

About

Komen Terakhir :

Blogroll

Featured

puisi
Langsung ke konten utama

Panca Sradha : Lima Keyakinan Agama Hindu

Panca Sradha - Forum Studi Majapahit

Om Swastyastu, Om Awignam Astu Namo Sidham
Apa kabar saudara-saudaraku? Tentu saja baik bukan? Semoga kalian semua berbahagia dan selalu dalam jalan Dharma J
Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai 5 keyakinan Agama Hindu atau yang biasa disebut dengan Panca Sraddha. Mengapa saya membahas materi ini, karena banyak dari umat kita khususnya umat Hindu banyak yang sudah mengerti ini namun belum banyak memahami.
Perlu kita sadari bahwa sebagai umat Hindu seharusnya kita benar-benar meyakini dari 5 bagian yang disebut Sraddha ini. Karena kita hidup perlu keyakinan agar memiliki tujuan dan semangat pada hidup.
Panca Sraddha inilah yang menjadi dasar dalam pembentukan spirit didalam diri manusia. Sebagai seorang manusia yang memiliki banyak kebimbangan dan kebingungan, inilah yang harus benar-benar dipahami dan diyakini.
Oke langsung saja, Panca Sraddha berasal dari kata Panca Sraddha. Panca adalah lima dan Sraddha adalah Keyakinan. Jadi Panca Sraddha adalah lima keyakinan yang diyakini oleh umat Hindu.

Bagian-bagian Panca Sraddha adalah :
1.    Percaya adanya Brahman atau Ida Sang Hyang Widi Wasa
2.    Percaya adanya Atman
3.    Percaya adanya Karma Phala
4.    Percaya adanya Reinkarnasi atau Punarbawa
5.    Percaya adanya Moksa


Craddhaya satyam apnoti,
Cradham satye prajapatih.
Artinya :
Dengan Sraddha orang akan mencapai Tuhan, Beliau mmenetapkan, dengan Sraddha menuju Satya. (Yajur Weda XIX.30)

          Panca Sradha sebagai dasar keyakinan umat Hindu selalu menjiwai setiap prilakunya sehari-hari sebagai cerminan manusia beragama. Perilaku yang dijiwai oleh suatu keyakinan yang sungguh-sungguh biasanya memancarkan vibrasi menyejukkan di lingkungannya, oleh karena itu keyakinan sangat dibutuhkan dalam menjalani kehidupan. Karena tanpa keyakinan diibaratkan berjalan dengan memejamkan mata yang berujung pada kehidupan yang tak menentu dan tanpa tujuan yang pasti. Kenapa keyakinan dalam hidup mutlak diperlukan? Karena keyakinan adalah sesuatu kemampuan yang terdapat pada diri manusia yang diperoleh dari kepercayaan. Jika keyakinan sebagai keyakinan akibat dari percaya diri, maka hal itu merupakan pematangan dari kepercayaan, karena kepercayaan sesuatu yang bersifat dinamis yang mampu menyesuaikan dengan keadaan atau situasi yang sedang terjadi. Sedangkan jika keyakinan sebagai yang diperoleh melalkui kepercayaan pada Wahyu yang secara dogmatic diikutinya, itu merupakakn peraturan yang berupa agama.
       Komponen-komponen Panca Sradha yang merupakan satu kesatuan yang utuh dimana satu dengan yang lainnya tidak boleh terpisahkan karena merupakan kepribadian umat Hindu secara utuh pula baik secara selaras, serasi dan seimbang sesuai dengan jiwa Panca Sradha. Artinya meyakini Panca Sradha tidak boleh sepenggal-sepenggal melainkan harus secara utuh diyakini antara Sradha yang satu dengan Sradha yang lain harus mendapatkan porsi keyakinan yang sama. Kapan Panca Sradha diyakini secara utuh oleh orang yang mengaku sebagai umat Hindu saat itu pula kehidupanya tidak diragukan, jika ada seseorang yang mengaku dirinya hindunamun meragukan salah satu atau keseluruhan dari komponen-komponen Panca Sradha maka pada saat bersamaan orang tersebut harus diragukan ke-Hinduanya dan bahkan dapat dicurigai apakah dia beragama Hindu hanya sekedar ingin mengacaukan tatanan ajaran Hindu. Atau mungkin juga kita seseorang yang meragukan salah satu atau kleseluruhan Sradha-sradha diakibatkan kurangnya mengerti maka yang bersangkutan perlu diberi bimbingan sehingga dengan memahami dan meyakini Panca Sradha secara Utuh, militansi kehidupannya patut dihormati.

Komentar

Latest blog posts

8-latest-65px